Monday, November 18, 2013

Tulisan 3 Verifikasi oh Verifikasi

Verifikasi Oh Verifikasi



Pada tulisan-tulisan sebelumnya saya telah menuliskan apa yang saya ketahui tentang Photography. Sekarang saya mau curhat sedikit tentang pengalaman saya saat Verifikasi. Verifikasi itu apa sih? Verifikasi itu saat dimana kita mempresentasikan apa yang telah kita dapatkan dan pelajari saat masa Praktek Kerja Lapangan (PKL). Dulunya saya anak SMK jadi mengalami masa PKL. So let’s check it out! 



Saat kelas 11 semester 1 saya mengikuti PKL yang diharuskan kepada siswa SMK, kegiatan PKL ini berlangsung selama 6 bulan. Dalam waktu 6 bulan para siswa PKL tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Verifikasi, pertama kali denger nama itu bawaannya udah deg-degan aja. Masuk ruangan sendirian dengan berpasang-pasang mata ngeliat presentasi kita tentang apa saja yang didapat saat PKL. Oh God~ maunya langsung menghilang aja saat itu juga. Tapi itu cuma pikiran-pikiran sebelum menghadapi langsung verifikasinya.

Senin, 12 Desember 2011, Saya menghadapi yang namanya Verifikasi. Anehnya saya tidak merasa deg-degan sama sekali (mungkin karena bahan-bahan yang dibutuhin udah lengkap semua). Saya berangkat jam setengah 7 bersama dengan teman saya dari rumah. Sampai sekolah baru ada 2 teman saya yang sudah sampai dan sedang menunggu di depan Lab MM. Alhasil, saya nunggu dulu, sekitar jam setengah 8 baru deh dipanggilin satu-satu untuk verifikasi ke guru yang sudah di tentukan.

Pas nunggu saya bengong-bengong aja tuh sambil liatin anak kelas 10, 11 dan 12 yang sedang tanding classmeet. Akhirnya, setelah sekian lama menunggu –halah- saya dipanggil juga. Buka pintu, tiba-tiba Mr.B (verifikator sekaligus kaprog MM) keluar terus saya disuruh siapin laporan dan buku jurnal. Gue sempet ditinggalin dulu tuh gara-gara Mr.B mau liat Syamsir Alam (kebetulan hari verifikasi barengan sama classmeeting, sekolah saya kedatangan Syamsir Alam).

Tidak begitu lama Mr.B masuk lagi, sesi verifikasi pun dimulai. Pertama saya menyerahkan laporan & buku jurnal yang sudah saya buat. Kemudian saya duduk dikursi panas (beneran panas, mungkin karena didudukin sama teman sebelu saya XD), Mr.B diem sebentar sambil melihat-lihat hasil laporan buatan saya. Kemudian saya disuruh menceritakan bagaimana PKL disana, pindah tempat PKL berapa kali dan hal-hal yang berhubungan dengan tempat saya PKL.

Jadilah saya curhat ke Mr.B gimana enak dan tidak enaknya PKL ditempat tersebut. Mr.B memperhatikan saya curhat sesekali memberi saya nasihat. Masuklah sesi dimana saya menerangkan cara membuat WebDesign. Pertama saya membuat header dikomputer yang sudah disiapkan. Berhubung software yang dibutuhkan tidak tersedia di komputer sekolah, saya akhirnya membuka laptop (untung saya bawa) kemudian header yang telah saya buat dengan keterbatasannya bahan, jadi saya asal buat aja yang penting ukurannya pas dan hasilnya simpel banget, lalu header saya masukan ke Yahoo! Site Builder (program untuk membuat website/Webdesign). Setelah membuat header, saya memasukannya ke template web yang udah disediakan oleh program Yahoo! Site Builder. Nah disitu saya menjelaskan lagi gimana cara buat web baru. Udah tuh, setelah itu saya ditanya-tanya dan Mr.B mengisi kolom nilai. Saya disuruh keluar karena sesi verifikasi sudah selesai (Yeaaay!)

Setelah saya keluar, saya berpikir “oh gini ya Verifikasi, ga seserem yang gue pikirin”. Intinya jangan takut dulu sebelum mencoba dan pahami benar-benar bahan-bahan yang akan dipresentasikan. Bawa enjoy & santai. Jangan nervous, karena akan menyebabkan kamu nge-blank saat ditanya-tanya. Slow but Sure ajalah, dan tidak semua yang kau pikirkan itu benar, karena sebelum mencoba kamu tidak akan pernah tau rasanya.

Tulisan curhatan pengalaman saya sudah selesai. Ketemu lagi di tulisan-tulisan membosankan saya selanjutnya ^^

0 comments:

Post a Comment