Monday, November 18, 2013

Tulisan 2 Photography II

Photography II – Tips-tips bagi Pengguna Kamera Digital



Siapa bilang kita tidak bisa menghasilkan gambar yang bagus dengan Kamera Digital/Kamera Saku? Dengan mengunakan kamera secara optimal dan menggunakan mode-mode khusus yang ada pada kamera digital kita bisa menghasilkan gambar yang tak kalah bagus dengan Kamera DSLR.

Berikut adalah Tips-tips bagi pengguna Kamera Digital

1.      Komposisi, usahakan jangan meletakkan obyek utama tepat di tengah-tengah frame, kecuali dalam kondisi tertentu seperti obyek simetris. Pada Tulisan sebelumnya saya telah memperkenalkan tentang Komposisi Rules Of Third. Jadi saya tidak akan menjelaskan apa itu Rules of Third pada Tulisan ini.

2.      Kalau obyek yang akan dipotret termasuk kecil yang mengharuskan kamera berjarak kira-kira berapa belas cm dari obyek, usahakan gunakan Mode Macro. Mode Macro biasanya dilambangkan dengan simbol Bunga pada kamera saku. Gunanya agar foto yang dihasilkan tidak blur dan mendapat fokus yang baik.

3.      Jangan biasakan memencet tombol shutter (tombol yang biasa ditekan saat memotret) terburu-buru. Usahakan menekan tombol shutter setengah terlebih dahulu kemudian tahan lalu tekan penuh hingga bunyi “klik”. Gunanya agar kamera mencari titik fokus dan shutter speed secara otomatis saat kita menekan tombol shutter setengah. Menekannya secara langsung menyebabkan foto yang dihasilkan blur dan tidak fokus.

4.      Pusat autofocus lensa ada ditengah-tengah frame. Jika ingin fokus berada bukan ditengah, maka lakukan pre-focusing. Caranya arahkan pusat frame ke arah obyek yang ingin menjadi fokus tekan shutter setengah dan tahan kemudian arahkan kamera kearah lain dan atur posisi obyek sesuai keinginan. Lalu tekan penuh tombol shutter.

5.      Jangan memotret menentang sinar matahari, kecuali ingin membuat siluet. Sinar yang kuat dari arah belakang obyek akan menyebabkan obyek tampak gelap.

6.      Point Of Interest (pusat perhatian) adalah hal yang penting dalam sebuah foto. Harus ada bagian utama yang akan ditonjolkan pada sebuah foto. Buatlah agar obyek tampak lebih menonjol dari obyek lain yang ada disekitarnya.

7.      Orang awam bilang “Makin tinggi Mega Pixel (MP) suatu kamera maka foto yang dihasilkan akan semakin terang”. Sebenarnya MP dari suatu kamera tidak berpengaruh kepada hasil foto akan tampak cerah. MP adalah ukuran resolusi foto yang dihasilkan kamera. Jika ingin mencetak foto usahakan memotret dengan kamera yang MP nya tinggi agar foto yang dicetak tidak pecah.

8.      Pelajari Mode Manual yang ada di kamera digital. Di mode ini banyak pengaturan yang bisa diatur walau tidak selengkap kamera DSLR seperti white balance, ISO, focus mode, dll. Kalau terus-terusan menggunakan Mode Auto, kapan majunya?


0 comments:

Post a Comment