Monday, November 18, 2013

Tulisan 1 Photography I

Photography I - Komposisi Rules of Third

Berhubung saya suka Photography. Demi memenuhi tugas Tulisan Softskill saya akan membahas tentang dasar dasar Photography yang saya ketahui dan yang pernah diajarkan kepada saya.

Arti dari Photography itu sendiri adalah melukis dengan cahaya. Dari arti itu bisa saya simpulkan photography adalah seni yang bergantung pada cahaya. Kenapa? Itu gampang saja jika tidak ada cahaya kita tidak akan bisa memotret. Apa yang akan kita ambil gambarnya jika suasana ruangan gelap gulita?

Ada banyak alasan kita untuk mengambil gambar diantaranya dokumentasi, hobi, seni maupun bisnis. Kamera pun harus sesuai kebutuhan, misalnya kita mau mengambil gambar hanya untuk iseng-iseng atau bahasa gaulnya foto-foto / narsis. Kita dapat menggunakan kamera HP atau kamera digital. Tentu berbeda jika kebutuhannya untuk berbisnis atau hobi pastinya harus menggunakan kamera DSLR agar hasilnya lebih memuaskan tentunya.

Biasanya orang awam yang akan membeli kamera digital pasti akan melihat Mega Pixel (MP) dari kamera itu. Tapi MP itu tidak berpengaruh ke hasil gambar jadi lebih bagus atau gambar jadi cling yang berpengaruh tentu pada lensanya. Jadi MP itu akan membantu ketika kita cetak untuk ukuran besar akan ketahuan bedanya yang MPnya kecil dengan yang MPnya besar, biasanya kalau MPnya kecil gambar yang dihasilkan/dicetak akan pecah.

Belajar menggunakan manual sangat bergunanya agar kita bisa menggunakan kamera digital dengan optimal, tidak hanya mengandalkan Mode Auto yang ada pada kamera digital.

Komposisi Rules of Third
Mengenai teknik sebenarnya kita hanya perlu sering-sering mengambil gambar. Dengan itu kita akan tahu angle (sudut) yang baik dalam mengambil gambar. Komposisi Rules of Third adalah salah satu prinsip atau teknik yang sangat populer dan paling dikenal dikalangan Photographer. Aturan komposisi ini menjadi pondasi bagi keseimbangan elemen foto sehingga secara keseluruhan foto tampak lebih enak dilihat.

Dalam komposisi foto, rules of third hanya satu dari sekian banyak prinsip komposisi foto lainnya. Dan setiap prinsip ini tidak wajib dijalani, namun untuk menjadi kreatif, orang bilang harus tahu dulu aturannya baru bisa menghasilkan kualitas foto dengan gaya/ kreasi kita sendiri.

Apa itu Komposisi Rules of Third?

Usahakan jangan menempatkan obyek utama tepat di tengah frame, kecuali dalam situasi tertentu seperti obyek yang simetris. Komposisi Rules of Third adalah komposisi di mana obyek yang ingin ditonjolkan berjarak 1/3 lebar frame dari tepi.


Keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Nah teori komposisi rules of third mengatakan bahwa kalau kita menempatkan “Point Of Interest” alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat.

Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satunya saja. Point Of Interest ini bisa jadi berupa obyek manusia ataupun benda mati.

Beberapa contoh foto hasil jepretan saya yang menggunakan komposisi Rules of Third






0 comments:

Post a Comment