Sunday, April 15, 2018

TUGAS 4 - Animasi Stickman Adobe Flash CS5

Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash CS5

Kelompok:

1. Annisa Fauzia (1B117112)
2. Riskiyah Yuhara (1B117165)
3. Sarah Janitra (1B117111)

Kelas : 4KA45




Berikut tutorial membuat stickman menggunakan Adobe Flash CS5 :

1.       Buka Aplikasi Adobe Flash CS5 yang sudah terinstall, klik ActionScript 3.0.



2.       Pada Layer 1, buat lingkaran menggunakan Oval Tool yang ada di toolbar sebelah kiri seperti gambar dibawah ini.




3.       Untuk membuat badannya, tetap di layer 1, klik Line tool yang berada di tool bar di sebelah kanan. Untuk ukuran ketebalan garisnya, sesuaikan dengan keinginan anda di bagian Stroke.





 
4.       Lalu Copy Paste Line yang tadi sudah dibuat, Lalu Blok setengah dari Line tadi menggunakan Selection Tools.Lalu Klik kanan dan pilih Convert to Symbol.



Sesuaikan Naming yang anda Inginkan. Disini saya menggunakan Angka agar terurut. Lalu klik Ok. Ulang Cara diatas sehingga mendapatkan 3 bagian dari Line tersebut. Diibaratkan menjadi bagian dari Kaki.

 

5.       Setelah menjadi 3 bagian, blok Line yang sudah terbagi menjadi 3 bagian tersebut menggunakan selection tools, dan klik Kanan lalu pilih Distribute to Layer.



6.       Lalu Klik Bone Tool yang berada di tool bar sebelah kanan. Lalu Tarik bone tool dari atas line sampai dengan tengah. Dan lanjutkan dari tengah hingga kebawah line. Fungsi dari Bone Tool itu sendiri untuk memberikan sendi atau pergerakan pada Kaki dari stick Man yang kita buat ini.




7.       Lalu untuk mengatur seberapa batas gerak dari setiap sendi, disini kita mengatur gerak sendi dari lutut ke bawah terlebih dahulu, klik sendi yang sudah dibuat dari tengah ke bawah (Lutut), Lalu checklist constrain yang berada di toolbar sebelah kanan, kemudian atur maksimal dan minimal dari pergerakan tersebut. Lakukan juga hal yang sama untuk sendi yang telah dibuat dari atas ke tengah (Paha).

    


8.       Lalu klik Layer Armature_2. Layer tesebut sudah tercreate otomatis ketika membuat Bone Tool. Setelah itu, pindahkan line tadi di tempat yang seharusnya (di sesuaikan).



9.       Lalu klik kanan Layer Armature_2 tadi, dan pilih Duplicate Layer.



10.   Duplicate Layer tadi berfungsi untuk membuat kedua tangan dan Kaki yang satu lagi. Atur Contrain lagi untuk menyesuaikan pergerakannya.


11.   Lalu Buat Layer baru untuk membuat Bola. Buat Bola dengan meggunakan Oval Tool yang berada di toolbar sebelah kanan.



12.   Lalu tambahkan frame di frame 50 misalnya, dengan klik kanan lalu pilih insert Frame.


13.   Lalu setelah frame terinsert klik kanan pada frame ke 15 misalnya, kemudian pilih insert pose.



14.   Lalu ubah gerakan kaki di frame tersebut sehingga stickman terlihat seperti sedang menendang bola.



0 comments:

Post a Comment