Perkembangan teknologi
komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi
yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi komputer
menggunakan CGI. CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang
komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara
digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang
kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam
film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan
sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari
pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data
matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat
ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip
yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma,
grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis
ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi 2D terus
dikonsumsi oleh para animator-animator dunia. Selain Disney, perusahaan lain
yang menggunakan animasi 2D adalah Nickelodeon. Nickelodeon menciptakan
beberapa film-film kartun, salah satu yang menjadi icon juga adalah SpongeBob
Square Pants.
Animasi komputer mulai
ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai
terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995)
Cara kerja animasi
computer mulai dari :
·
Pra-produksi
(Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan
sound FX), Produksi (Lay out, Key
motion, In Between, Background, Scanning, Coloring),
·
Post-produksi
(Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa
VCD, DVD, VHS dan lainnya)
·
Dikerjakan/digarap
seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi
diadopsi dalam animasi komputer, kertas
gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang
semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer
atau beberapa layer.
Perbedaan animasi tradisional dan animasi komputer :
A.
animasi tradisional
merupakan sejenis teknik
animasi yang pembuatan gambarnya dilukis/digambar dengan tangan. Teknik ini
merupakan bentuk animasi yang paling sering digunakan sebelum adanya animasi
computer.
B.
animasi computer
seni menghasilkan gambar
bergerak melalui penggunaan komputer dan dengan menggunakan bantuan software –
software (tools) yang telah ada. terutama software atau aplikasi dalam bidang
komputer grafik dan animasi. Contoh software: Adobe Flash, Macromedia Flash,
Ulead GIF Animator 5, dan lain-lain.
Jadi, perbedaan keduanya
sudah jelas terlihat pada proses pembuatan gambar dan pergerakan animasinya,
yaitu :
untuk animasi tradisional
proses pembuatan gambar dikerjakan secara manual atau dengan tangan dan untuk
proses pergerakkannya memakai banyak frame jadi setiap satu animasi memerlukan
sekitar 20 frame dan diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk
menghasilkan sebuah animasi yang lengkap. Animasi ini dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul efek gambar
bergerak. Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian gambar kedua yang
mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar pertama ditumpuk pada
gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali, setiap kali gambar yang baru
menunjukkan sedikit perubahan. Sekiranya proses ini diulang-ulang, ia
kelihatannya seperti bergerak.
sedangkan animasi
komputer proses pembuatan gambar dan proses pergerakkan animasinya dibantu
dengan komputer dan software-software khusus untuk pembuatan animasi jadi tidak
terlalu sulit dan tidak memakan banyak waktu.
TIPE ANIMASI KOMPUTER
·
Animasi 2 Dimensi
Adalah animasi yang paling sering kita
jumpai, animasi ini biasa disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada
konsep gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari animasi ini adalah spongbob dan lain
lain.
·
Animasi 3 Dimensi
merupakan perkembangan dari animasi 2
dimensi. Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan
animasi yang lebih realistis, detail dan nyata karena hampir menyerupai bentuk
aslinya. Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri adalah smurf, avatar dan
lain-lain.
JENIS ANIMASI KOMPUTER
·
Komputer Assist
Beberapa contoh pertama
dari animasi komputer komersial secara tradisional menggunakan bantuan
komputer. Hal ini bisa dalam bentuk komputer yang memproduksi ” perantara” atau
gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga
memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi
pembantu pertama kali digunakan dalam sebuah film animasi di “The Mouse
Detective Besar” Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung
didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam
komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka
bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh
Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas”
(1995) dan “Tarzan” (1999) .
·
Gerak Kontrol dan
Script
Animasi komputer yang
paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan oleh animator
untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek telah
yang melalui serangkaian pose. Metode ini menghasilkan gerakan yang akan
menghasilkan gambar gerakan akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilakukan
dengan sistem scripting seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam
skenario ini, animator adalah seorang programmer komputer yang menulis kode
dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan
obyek itu. Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif
dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan gambar dan
benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara
otomatis, berdasarkan masukan yang animator membuat menggunakan antarmuka
visual dan memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input
lainnya.
·
CGI Compositing
Animasi komputer juga
digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak adanya
bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur
lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah
payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik
panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat
composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus
yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang
paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang
dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan
layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan
mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain,
baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan
berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
·
Motion Capture
Motion capture adalah
jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak peminat dalam beberapa
tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang
ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor
melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor
dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke
komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama
seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat
signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional
pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture
termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
·
Animasi Flash
Salah satu jenis akhir
animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan salah satu nama
untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi, meskipun saat ini
ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk menciptakan “flash”
animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, namun Flash lebih
murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash semakin meningkat
popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum sebagai
konten video di situs Web.
Sumber:
0 comments:
Post a Comment